Sabtu, 10 November 2012

Orang orang yang kita jumpai di Warkop

Banda Aceh, merupakan ibu kota dari Provinsi Aceh yang mendapat julukan kota Serambi Mekkah, karena syariat Islamnya yang diterapkan. Memasuki era globalisasi kota Banda Acehpun mulai bergeliat mengikuti perkembangan zaman. 
*STOP! Tunggu dulu! Ini artikel apa Kaspos MCC? =_______=" 

Lupakan! kita lanjut ya? 
Lanjoooot? 

Oke. Mungkin akan ada julukan baru yang bakal didapet ama kota Banda Aceh. 
Apa? 
Ada yang tau? 
Hayo apa... 
Oke deh kalo pada gak tau. 

Julukannya adalah .........
jeng jeng! 

"Kota 1000 Warkop"
 keren kan? Elegan gimana gitu. Sebenernya jumlah warkop di Banda Aceh itu gak seribu juga sih. Ya maksudnya angka 1000 itu kiasan, kalo warkop di Banda Aceh itu buanyak. Sama kasusnya kayak hewan "kaki 1000".

Udah ngerti? Kalo gak ngerti nyebur aja ke got ya :) Gimana sih. 

Ngomong-ngomong tentang warkop, secara harfiah Warkop itu terbagi atas 2 suku kata. Yaitu War yang berarti Perang. Dan Kop yang berarti Kop Surat (Kepala Surat). 

Jadi Warkop itu perang dengan menggunakan Kop Surat. Sungguh perpaduan 2 kata yang amat tidak nyambung dan gak jelas maksud dan tujuannya. Oleh karena itu seorang peneliti asal Jepang, Goban Kareboshi ,menyimpulkan bahwa Warkop adalah singkatan dari Warung Kopi! Nah, itu baru keren. Dalam bahasa Aceh sendiri disebut dengan Keude Kupi (Kedai Kopi).

Jadi di hampir semua sudut kota kita akan menjumpai warkop. Jadi sekarang kita bakal ngebahas orang-orang yang kita jumpai di warkop, siapa aja? Out it chek! 

1. Orang yang bener-bener ngopi
nah ini orang yang masih menjaga ke-esensialan dari warkop itu sendiri. *ceileh tinggi amat tu bahasa*. Jadi dia dateng ke warkop itu bener-bener mau ngopi. Ya gitu-gitulah pokoknya. Gak menyimpangi dari arti Warkop itu sendiri. Ya meski kopi nya bervariasi, mulai dari kopi panas, kopi pancung, kopi susu, kopi luwak, kopi tubruk, kopi.... kopi.... kopikirkan lagi lah, capek juga. :D

2. Orang yang gak konsisten
ini nih yang paling sering. Biasanya dia bilang ke temen-temennya "nanti malem ngopi yok". Pas di warkop dia pesennya teh. Harusnya "nanti malem ngeteh yok". Nah itu bener. Tapi bukan di warkop juga. Di warteh. Bener kan? Tapi masih mending sih, daripada dia pesen Kiranti kan.

3. Orang-orang ngerumpi
ngerumpi itu bukan hanya monopoli kaum cewek doang. Cowokpun demikian. Jadi ngerumpi itu universal. Ngerumpi itu memang rumit. Perlu kuliah 7 SKS PIN (Pengantar Ilmu Ngerumpi) untuk memahaminya lebih dalam. Kalo cewek biasanya ngerumpiin hal-hal yang mereka senangi, begitu juga cowok mereka biasa ngerumpi masalah sepak bola, film, masa depan, alien dll. Dan orang-orang seperti ini bisa kita jumpai di warkop-warkop terdekat


4. Orang-orang lagi rapat
nah ini emang udah gak asing lagi di Banda Aceh. Biasanya mahasiswa Kura-Kura suka buat rapat di warkop. Kenapa warkop? Ya biar lebih gak kaku aja sih. Yang biasanya rapat di suatu ruangan yang membosankan. Tapi di warkop lebih rileks aja, gak kaku. Jadi kita bisa menemukan orang-orang seperti ini di warkop biasanya di antara siang sampe malem, jarang pagi-pagi. Dan biasanya mereka akan memakan banyak meja dan kursi yang digabungkan agar terciptanya suatu keluarga yang harmonis arena rapat. 


5. Orang fokus
nah ini biasanya dia maen tunggal. Maksudnya sendirian doang di Warkop. Atau kalo lagi sama temen-temen dia sibuk sendiri. Biasanya dia sibuk mainin Laptopnya. Bisa aja dia lagi ngerjain tugas kuliah atau dari kantor. Yah, gitu deh.



6. Orang main game
jangan salah, warkop juga bisa dijadiin arena bagi gamers. Pake laptop yang ada gamenya (Biasanya PES) dan berbekal Joystick USB mereka bermain dengan leluasa. Ya jadinya feel like Rental PS gitu. Kadang, rada ganggu sih. Apalagi yang tereak-tereak. Gak selow gitu rasanya.


7. Orang-orang lagi ngerjain tugas
kalo ini biasanya pelajar ataupun mahasiswa yang ada tugas kelompok. Maka mereka berkumpul di warkop untuk mengerjakannya bersama-sama. Apalagi hampir di semua warkop udah didukung dengan WiFi jadi lebih memudahkan mereka untuk update status dan download mencari tugas via online. 

8. Orang yang nonton pertandingan bola
ini hal yang sangat amat teramat lumrah sekali banget yang terjadi di warkop. Apalagi kalo lagi BigMatch. Beeuh, penuh tu warkop. Bahkan ada beberapa warkop yang jadi Home Base bagi supporter-supporter bola untuk jadi arena nonton bola jarak jauh. Bagi yang gak biasa mungkin akan terganggu sih. Karena mereka tereak-tereaknya lebih gak selow dari yang maen PS tadi. 

9. Orang iseng 
dari namanya aja udah ketauan. Yaa, dia dateng ke warkp cuma karena boring aja. Gak ada tujuan pasti ngapain dia di situ. Bahkan setelah beberapa menit dia duduk di warkop dia akan terkejut dan berkata "Kenapa, saya ada di sini?!!" =..="

10. Orang galau
orang yang dateng ke warkop terus pesen baygon pake es.

11. Orang goblok
orang yang keukeuh mau beli obeng di warkop. Kenapa gak sekalian beli lembu aja?


12. Orang Asing
hmm, bisa dibilang wisatawan asing ya (biasanya bule ataupun orang asia timur). Yang dateng cuma sekedar duduk ngeliat-ngeliat keadaan sekitar. Atau ngobrol-ngobrol gak jelas dengan temannya. 


13. Abang-abang Pelayan
ini orang yang akan mencatat dan mengantar segala pesanan kita. Juga sebagai mediator memberitahukan password WiFi. Paling nyebelin kalo pelayannya LoLa (Loading Lama), yaa jadi kita-kita ikut repot

14. Orang minta-minta
sebenernya gak etis juga kita bilang begitu. Mereka itu juga lagi usaha mencari penghidupan. Ya terserah kita mau kasih apa gak. Cuma agak terasa ilfil aja kalo dia mintanya maksa. =..=" 

15. Bapak-bapak 
nah, ini sih biasanya para pengusaha, dosen, dll yang berkumpul untuk membicarakan sesuatu atau cuma sekedar ngumpul-ngumpul aja. Mungkin aja mereka membicarakan rencana licik untuk menguasai bumi, atau rencana membasmi monster dari planet merkurius. Siapa yang tau.

16. Mbak-mbak yang nawarin rokok (sales dari produk rokok gitu)
hmmm, biasanya dia datengin kita lalu bertanya "Permisi bang, abang2 di sini ada yang merokok?" kalo kita jawab gak ada maka dia akan pergi dan bilang "oooh, iya mkasih.. permisi..." tapi kalo bilang ada urusannya jadi lama dia akan tanya "rokok merek apa yang abang konsumsi?" "kapan biasanya abang merokok?" "berapa batang sehari rokok abang habis?" "kenapa abang merokok?" "apa gak dimarahin ama orang tua?" "gak takut cepet mati?" . STOOOP! Makin lama mbak-mbaknya kok makin anoyying ya?


Hmm, itulah orang-orang yang bisa kita jumpai di warkop-warkop berdasarkan hasil investigasi dan penelitian yang saya lakukan selama 7 tahun lamanya. Sebenernya saya juga gak begitu ahli du dunia per-warkop-an sih. Jadi, termasuk yang nomor berapakah Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar