Kamis, 23 Agustus 2012

Tutorial Sahur Dengan Baik dan Benar

Assalamu'alaikum! Sahur adalah bagian yang sangat penting bagi umat Muslim untuk melaksanakan puasa dengan prima. Nah, adakalanya kita pas berpuasa tidak sahur yang berakibat :
1. Lemas saat berpuasa
2. Tidak bersemangat
3. Mendorong diri untuk buat status "wah, kesiangan bgun nih, jadi gak sahur :(. Semoga kuat puasanya. Amiin :)"

Ada pula yang sahur tetapi tidak melaksanakan sahur dengan baik dan benar, sehingga tidak memaksimalkan bekal untuk berpuasa. Tapi tenang, kali ini ane mau share tentang cara sahur yang baik dan benar.

1. Bangun
Yap! Bangun saat sahur merupakan, unsur terpenting dalam melaksanakan sahur. Gak mungkin dong lo sahur dalam keadaan tidur pules, mana ngorok+ngences lagi. Trus gimana dong biar bisa bangun pas sahur? Ya elo jangan pada begadang malem2, jangan capek, pasang alarm, atau bisa minta dibangunin ama orang lain. Ibarat kata ni ye. Pas malemnya lu begadang sampe larut malem, gara2 sibuk perang ngelawan monster, kan otomatis lu capek banget tu ye, secara ngelawan Monster gitu. Ini sangat tidak dianjurkan dalam dunia per-sahur-an. Kalopun sudah terlanjur demikian, ada baiknya lu setel alarm deh buat ngebangunin lu, gak perlu pake jam weker segala dah, lu punya HP kan? Biasanya HP standar pada umumnya ada alarmnya, kecuali kalo lo pake HP yang jadul sejadul2nya. Atau, okelah lo gak punya HP. Ane juga ngerti kok, kalo lo gak punya HP gak perlu maksain diri buat beli HP Android, BB, dll buat dijadiin alarm doang, lebih baek tuh duit lo simpen atau disedekahin ke fakir miskin (gile, bijak banget). Tapi secara logika, kalo lo lagi baca catatan ane ini sih seharusnya lo punya HP. Tapi okelah, kalo masih gak punya HP, lo masih bisa minta dibangunin ama orang lain yang lo KENAL. Ini penting, jangan sampe lo minta dibangunin ama orang yang ketemu di jalan. Gak bakalan sahur lo kalo gitu ceritanya. Biasanya lo bisa minta bantuan nyokap, bokap, kakak, adek (jangan adek lo yang baru berojol ye), temen, gebetan, pacar. Tapi untuk 3 poin terakhir lagi2 harus ada HP, tapi ya bisa juga sih kalo mereka mau capek ke rumah lo dinihari suntuk demi membangunkan lo, terus pulang. Kurang kerjaan banget kan? Yah tapi mana tau aja sih. Dan untuk bangun sahur juga ada seninya, jangan asal bangun. Ketepatan waktunya harus pas, jangan kelamaan jangan kecepetan. Harus tepat, ini penting bagi kelangsungan lo saat sahur. Yaa tau sendirilah.

2. Siapkan Makanan
Kalo sahur so pasti harus ada makanan dong ya, dan lo harus menyiapkan makanan tersebut buat dimakan. Kecuali lo ada nyokap atau pembantu yang udah rela dan ikhlas menyiapkan makanan sahur atau juga lo punya Jin jadi lo tinggal minta langsung cling! Ada. Atau juga lo bertemen ama Doraemon jadi dia ngeluarin Alat Praktis Membuat Makanan Sahur! Tapi kalo lo gak punya itu semua gimana? Tenang, lo jangan nangis di pojokan gitu ah. Ane ngerti juga, bisa aja lo itu anak kost, bisa aja lo perantau, bisa aja lo anak sebatang kara, bisa aja lo lagi kabur dari rumah, bisa aja lo lagi nyasar gak tau dimana, bisa aja lo lagi diculik alien dan dibawa ke Mars. Baiklah, untuk menyiapkan makanan sahur ada baiknya yang bergizi, mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan yang terpenting hindari makanan yang pedas. Kandungan2 tersebut sangat penting untuk menjaga stamina lo pada tetap prima menjalani aktivitas di bulan puasa.

3. Makan
Ya jelas dong! Gak mungkin lu rela bangun sahur, terus nyiapin makanan tapi cuma lo liatin sampe basi. Ya mungkin aja kalo lo stres. Nah, setelah hidangan telah ada di depan mata pertama lo harus berdoa dulu! Kedua lo cuci tangan, atau ambil sendok dan garpu. Lo melek liat makanan, jangan merem. Lo makan tuh makanan dengan seksama dan penuh penghayatan. Hindari lompat2, lari2, apa lagi guling2 saat makan. Kenapa? Ya mana ada orang normal begitu. Gimana sih kamu.

4. Niat
setelah makan, perut terisi. Kini lo siap menjalankan puasa. Tapi, jangan lupa niat! Ya niat puasa lah, masa niat mau maen Lompat karet. Niat ini sebenernya gak mesti setelah makan sih, sebelum makan boleh juga, atau sebelum lo tidur malem lebih bagus lagi. Oke?

5. Shalat Shubuh
setelah sahur dan waktu imsak tiba. Bukan berarti lu bisa kembali melanjutkan episode mimpi lo. Memang ini saat yang sangat krusial antara kekenyangan dan ngantuk. Tapi lo harus kuat menunggu waktu adzan Shubuh, gak lama kok paling 10 menitan gitu. Trus lo shalat! Ini penting dan WAJIB. Apa gunanya lo puasa kalo shalat aja gak? Shalat itu yang pertama kali ditanya kelak, kalo shalat lo bagus baru ibadah laen dihitung pahalanya, ya termasuk puasa ini. Bener gak?
Jama'aaah! Ooh jama'aaah!

Baiklah demikian Tutorial Sahur Dengan Baik dan Benar. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Sudah sahurkah anda hari ini??

1 komentar:

  1. Sahur yang baik adalah sahur yang dilakukan pada akhir-akhir waktunya, namun perlu ada kewaspadaan untuk memperhatikan batas yang telah ditentukan, nah jika dikaitkan dengan waktu/jam, maka sahur yang baik dilakukan biasanya pada pukul 04.30-04.45 WIB atau sebelum waktu imsak tiba (peringatan bahwa waktu sahur hampir habis). menurut saya ya sob :D

    BalasHapus